Ini Dia! 3 Permainan Tradisional Dan Modern Saat Dahulu Serta Sekarang


Perahu otok

3 mainan tradisional masa kecil yang sudah berganti dengan mainan modern dan lebih canggih. Ada yang masih ingat dengan perahu yang bahan bakarnya hanya minyak goreng? Hanya tinggal dibakar bagian sumbu maka perahu akan berjalan melingkari wadah. Iya, namanya perahu otok – otok, nama ini diambil dari suara yang dikeluarkan dari perahu tersebut.

Ada yang tau juga dari mana asal mula perahu ini dibuat? Iya asalnya dari desa Jeramas Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon, Perahu otok – otok ini sudah banyak beredar diseluruh Indonesia bahkan sudah diekspor juga sebagai mainin tradisional khas Indonesia.
Namun saat ini sudah ada perahu yang dikendalikan oleh remot kontrol dan menjadi pilihan permainan dijaman modern sekarang.

Pesawat Kertas

Pesawat yang dibikin menggunakan sebuah kertas ini dahulu sangat populer untuk sebagian orang menjadi permainan saat mengisi waktu luang. Tidak ada yang tau pasti asal mula permainan pesawat kertas ini namun ada beberapa informasi yang mengatakan asal mulanya diciptakan oleh Jack Northrop pada tahun 1930. Namun ada juga yang menyatakan asalnya dari negeri cina karena permainan kertas sudah dan sangat populer dinegeri tersebut diawali oleh permainan layang – layang.

Yang pasti dahulu permainan pesawat kertas ini merupakan beberapa permainan tradisional saat dahulu sebelum sekarang adanya pesawat remot kontrol yang lebih canggih.

Baling – Baling

Baling – baling merupakan salah satu permainan anak – anak saat dahulu ada yang terbuat dari sebuah bambu yang disebut kitiran yaitu kincir angin dimana selain menjadi baling – baling benda ini juga dapat mengeluarkan suara. Asal mula kitiran ini dari desa Karanganyar, Welahan Jepara.

Ada juga permainan baling – baling yang sudah sedikit modern dahulu terbuat dari bahan plastik, kita hanya cukup menggesekkan oleh kedua belah telapak tangan dan dilepaskan untuk dapat terbang keatas sehingga tampak seperti baling – baling helikopter.

Untuk sekarang banyak anak – anak yang sudah tidak memainkan permainan ini dikarenakan ada mainan yang lebih canggil seperti helikopter dan drone remot kontrol dengan sangat mudah dapat dikendalikan kesana kemari. Jadi permainan tradisional yang lebih dikenal dengan mainan jadul kurang diminati anak sekarang.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Dia! 3 Permainan Tradisional Dan Modern Saat Dahulu Serta Sekarang"

Post a Comment