8 Heroes Khas Indonesia Pada Jaman Dulu

Masih ingat heroes jaman dahulu, atau ingin tau apa saja heroes komik indonesia dahulu. Mari kita lihat siapa saja heroes komik khas indonesia saat dahulu yang terkenal dan digemari rakyat untuk dibaca.
1. Godam Manusia Besi (1969)
Pahlawan Indonesia jadul, Godam Manusia Besi. Dilihat dari namanya, Godam itu keras seperti palu godam (palu yang besar). Ibaratnya seperti itulah. Kalau dilihat dari kekuatannya, Godam ibaratnya adalah "Superman"nya Indonesia.
2. Sembrani (1974)
Heroes Sembrani ini merupakan ciptaan Hasmi pada tahun 1974. Kalau di Jawa ada istilah wesi berani atau besi berani alias magnet, sepertinya itulah asal kata Sembrani. Superhero asli Indonesia yang mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan magnet. Sembrani pertama kali muncul dalam serial Gundala 1.000 Pendekar.
3. Aquanus (1968)
Selain menciptakan Godam Manusia Besi, Wid NS (Widodo Nur Slamet) juga menciptakan karakter superhero yang bernama Aquanus. Nama Aquanus berasal dari kata Aqua yang artinya air, dan Nus dari kata Dhanus. Dhanus adalah nama seorang anak dari planet Zyba. Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus yag merupakan keturunan Zyba bisa bermain sampai dasar laut.
4. Kalong (1972)
Kalau di Jawa, Kalong adalah sejenis kelelawar besar pemakan buah-buahan. Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali pada tahun 1972 dalam judul Calong Anak Kelelawar.
Ceritanya kurang lebih tentang seorang anak yang mempunyai kemampuan khusus, yaitu dapat terbang, kebal terhadap senjata, dan dari ujung jarinya dapat memancarkan sinar pemaham (sinar kejujuran), sinar yang dapat membuat hewan dapat mengerti bahasa manusia dan dapat berbicara untuk memberikan keterangan yang jujur.
5. Jin Kartubi (1968)
Heroes Jin Kartubi memiliki badan besar seperti raksasa, memiliki kekebalan super, bahkan bisa terbang pula.
Bedanya, Jin Kartubi adalah sebangsa jin, jadi tunduk dan patuh terhadap majikannya. Majikannya bernama Maza. Saat membutuhkan bantuan Jin Kartubi, Maza tinggal menggosok pisau belatinya.
6. Merpati (1977)
Heroes Merpati adalah superhero wanita yang mempunyai kemampuan terbang, mencari arah, dan pandai bela diri. Kalau pengen tahu, dia ini adalah kekasih Gundala. Nama aslinya adalah Sedhah, profesinya adalah wartawati.
7. Gundala Putra Petir
Gundala Putra Petir BeritaSuperhero.Com

Heroes Gundala merupakan karakter dari tokoh komik bernama Hasmi. Komik Gundala Putra Petir ini dirilis pada tahun 1969. Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu lewat desain karakter maupun jenis kekuatannya. Sang pencipta pun nggak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash. Dalam keadaan koma, dia ditarik sebuah kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz. Jadilah ia diberkati kemampuan super. Mampu memancarkan gledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu pun memberinya kekuatan lari secepat angin.

8. Caroq

Caroq BeritaSuperhero.Com

Caroq diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai supier taksi. Ia memmiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

Semoga heroes komik khas Indonesia bisa dapat eksis kembali dinusantara dan menjadi terkenal, bila ada film mengenai heroes ini mungkin akan lebih menarik untuk ditonton saja.


Sumber:www.brilio.net



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "8 Heroes Khas Indonesia Pada Jaman Dulu"

Post a Comment