Sejarah Pandemi Wabah Virus Mematikan Di Dunia

virus paling mematikan di seluruh dunia

Sejarah 13 Wabah Penyakit Mematikan Di dunia Yang Pernah Ada


1.     Wabah Antonine 

Wabah antonine disebut dengan bahasa romawi antoninus yang dikenal dengan nama lain variola atau campak. Terjadi diperkirakan pada tahun 165–180 Masehi, penyebaran wabah kuno ini dimulai di romawi dimana pada masa itu wabah tersebut konon dapat menewaskan 2.000 orang dalam sehari dan jumlah total kematian dari wabah ini adalah sekitar 5 juta orang yang didominasi masyarakat romawi pada saat itu.

2. Wabah Justinian 

Wabah Justinian disebut bahasa romawinya yustinianus atau penyakit pers. Wabah pandemi ini sangatlah mengerikan dimana korbannya akan meninggal secara mengenaskan dengan sebagian tubuh menghitam, wabah ini 541-542 Masehi. Wabah pandemi penyakit ini juga menyebar di seluruh belahan dunia dan konon katanya menimbulkan kematian hingga 25-50 juta orang.

3. Wabah Black Death (Maut Hitam)

Wabah black death ini disebut sebagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis, wabah ini juga disebut sebagai wabah bubonic dimana penyakit yang disebabkan pendarahan subdermal sehingga penderitanya menjadi menghitam atu disebut acral necrosis. Penyebaran penyakit ini terjadi pada tahun 1346-1353 dan bermutasi dan menyebar denga kemunculan kembali di seluruh dunia hingga tahun 1771, korban meninggal keseluruhan dari wabah black death (maut hitam) di total bias mencapai 200 juta orang

4. Wabah Kolera 

Wabah kolera menjadi pandemic salah satu yang ditakutkan didunia dan penyebarannya sendiri dimulai pada tahun 1852-1860 di daratan eropa. Namun pandemic ini sebanarnya dimulai dari tahun 1816 hingga tahun 1966 dan diindonesia sendiri terjadi pada tahun 1961. Wabah kolera adalah suatu bakteri yang dapat menyebabkan diare berat dan dehidrasi dan penyebarannya sendiri konon dari air, total korban yang disebabkan dari wabah penyakit ini sebanyak 1 juta orang.

5. Wabah Flu Asiatik

Wabah flu asiatik atau disebut juga sebagai influenza dari asia dimulai pada tahun 1889–1890 dan diketahui pertama muncul di Negara rusia. Wabah ini disebabkan oleh virus flu tipe H2N8 dan mempunyai laju serangan mortalitas yang sangat tinggi, korban jiwa dari wabah ini adalah 1 juta orang.

6. Wabah Flu Spanyol 

Wabah flu spanyol merupakan influenza yang pertama kali terjadi pada tahun 1918, penyebaran penyakit ini sangat cepat dan wabah virus ini disebut H1N1. Wabah penyakit ini menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan lemah dan penyebarannya juga sangat cepat bahkan konon total korban jiwa mencapai 25-50 juta orang.

7. Wabah Flu Asia 

Wabah flu asia adalah merupakan penyakit flu yang ditemukan pada ungags dan menyebar ke manusia, ditemukan di tiongkok dan menyebar ke seluruh dunia. Wabah ini disebut juga sebagai H2N2 yaitu virus tipe flu burung dan total korban jiwa mencapai 2 juta orang.

8. Wabah Flu Hongkong 

Wabah flu hongkong merupakan virus jenis H3N2 yaitu influenza yang menyebar dari hongkong ke belahan dunia dan memakan korban jiwa mencapai 780 ribu hingga 2 juta orang.

9. Wabah AIDS/HIV

Wabah AIDS atau disebut Acquired Immune Deficiency Syndrome dimana wabah ini menyerang kekebalan tubuh pada manusia, virusnya sendiri disebut HIV atau Human Immunodeficiency Virus. Kemunculan pertama kali wabah di ini pada tahun 1981 dan telah memakan korban jiwa sebanyak 25 juta orang dan telah menginfeksi 38 juta orang diseluruh dunia.

10. Wabah SARS 

Wabah sars adalah kelompok corono virus atau disebut juga Sindrom Pernapasan Akut Berat, pertama kali muncul pada tahun 2002 di tiongkok. Wabah penyakit ini mirip seperti flu biasa, batuk, radang tenggorokan dan menyebabkan sesak nafas, total penderitanya sendiri sekitar 8.069 orang dan korban meninggal 775 orang.

11. Wabah Flu Burung

Wabah flu burung atau disebut H1N1 merupakan virus influenza yang awalnya ditemukan pada ungags, virus ini sendiri telah ditemukan pertama kali pada tahun 1878 namun kembali muncul pertama dan diberi nama flu burung atau H1N1 saat ditemukan diindonesia pada tahun 2003. Untuk total kematian akibat wabah virus ini adalah 455 orang.

12. Wabah MERS

Wabah mers atau sering disebut sindrom pernafasan timur tengah dengan nama lainnya Middle East respiratory syndrome-related coronavirus, virus ini masih satu kelompok dengan corona virus seperti sars dan dimulai pada tahun 2012. Wabah penyakit ini menyebar keseluruh belahan bumi dan memakan korban jiwa sebanyak 850 orang.

13. Wabah Corona (COVID-19)

Wabah corono atau yang sering disebut dengan COVID-19, masih satu kelompok dengan virus MERS dan SARS. Pertama kali ditemukan di kota wuhan tiongkok pada tahun 2019. Wabah penyakit COVID-19 ini adalah radang pernafasan sama genjalanya dengan kelompok lainnya dari corono virus. Untuk saat ini korban jiwa masih terus bertambah dan penyebaran wabah virus ini pun semakian meluas.
Untuk saat ini 28 februari 2020 total korban jiwa meninggal sebanyak 2.923 orang dan total terjangkit sebanyak 85.182 orang diseluruh dunia, sama seperti kelompoknya untuk wabah virus ini belum ditemukan obatnya. Hal yang dapat dilakukan adalah mencegah penyebaran virus dan korban jiwa agar tidak terus meluas dan bertambah. 

Kenapa Corona Virus Mengerikan?

Kenapa corona virus / COVID -19 yang saat ini terjadi lebih heboh dari wabah virus lainnya yang pernah terjadi dibelahan dunia? Jawabannya adalah ketakutan, kepanikan akibat perubahan jaman dimana saat ini telah lebih maju jauh dari jaman dahulu baik dari segi transportasi, telekomunikasi maupun tingkat social.

Sehingga hal ini menyebabkan kepanikan akibat penyebaran info yang sangat cepat melalui smartphone baik berita maupun social media. Kepanikan akibat berita hoax yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan perkembangan jaman dari semua segi sehingga penyebaran wabah virus ini akan sangat lebih cepat dibandingkan jaman dahulu.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan atas kuasa tuhan yang maha esa dan dijauhkan dari wabah penyakit, selebihnya kita berusaha untuk tetap hidup sehat dan bersih. Good Luck!!


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sejarah Pandemi Wabah Virus Mematikan Di Dunia"

Post a Comment