Sejarah Korek Api! Perkembangan Korek Api Menjadi Korek Elektrik

Dahulu jika kita memerlukan api orang harus menggosokkan batu api pada bebatuan sehingga mengeluarkan percikan api. Dengan perkembangan zaman ditemukanlah korek kayu dan menurut sejarah Bangsa Tiongkok sejak 577 telah mengembangkan korek api sederhana yang terbuat dari batang kayu yang mengadung belerang. Korek api modern pertama ditemukan tahun 1805 oleh K. Chancel, asisten Profesor L. J. Thénard di Paris. Kepala korek api merupakan campuran potasium klorat, belerang, gula dan karet. Korek api ini dinyalakan dengan menyelupkannya ke dalam botol asbes yang berisi asam sulfat

Sementara, korek api modern pertama ditemukan oleh Robert Boyle pada tahun 1680. Robert adalah seorang ahli kimia, dan mendapat julukan sebagai bapak Ilmu Kimia Modern. Robert lahir di Lismore Castle, Country Waterford, Irlandia, pada 25 Januari 1627. Robert mulai mengadakan eksperimen pada tahun 1645, dan pada tahun 1680 ia berhasil menemukan korek api. Pada awalnya sepotong kertas ia lapisi dengan fosfor, kemudian ia menggesekkan kayu yang telah dilapisi sulfur pada kertas tersebut, sehingga muncul percikan api.
Lalu korek api kemudian ditemukan pertama kali oleh John Walker pada tahun 1826. John Walker seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris yang lahir pada 29 Mei 1781. Walker menemukan korek api yang dinyalakan dengan cara digesek. Walker tidak sengaja menemukan korek api yang terbuat dari logam putih antimony sulfida, kemudian di campur dengan zat kimia potassium chlorate, getah pohon dan kanji. Korek api gas pertama kali ditemukan tahun 1816. Yang pertama lebih ringan disebut “Lampu Dobereiner’s” (dinamakan setelah penciptanya, Johann Wolfgang Dobereiner). Tapi ia lebih ringan tidak menggunakan butana atau minyak sebagai bahan bakar, digunakan hidrogen.
Dilihat asal usul korek api gas di mulai Pada tahun 1920-an, korek api masih sedikit dari mewah bagi perokok. Ini akan menjadi kemunduran berat bagi rata-rata pekerja kerah biru yang merokok. Tapi ketika tahun 1930-an datang, seorang pria bernama George G. Blaisdell. Dia meningkatkan ergonomi kasus ringan, jadi itu tidak canggung untuk terus. Kemudian ia merancang sebuah kap berlubang untuk sumbu, yang terus tahan angin api ringan itu! Selain itu, ia memodifikasi ruang bahan bakar menjadi lebih efisien, dan menambahkan tutup flip-top berengsel. Dan voila! Zippo memasuki dunia Pemantik/Mancis/korek gas.
Saat ini banyak sekali macam korek yang telah berkembang, selain yang telah beredar dipasaran seperti korek ap kayu, korek gas zippo ada juga jenis korek baru yang dayanya hanya cukup dicas pada listrik serta api yang dihasilkan dari koil pemanas dan gesekan/percikan listrik atau disebut korek elektrik.
Menurut definisinya korek elektrik menggunakan listrik sebagai sumber tenaga dan dapat diisi ulang dengan USB. Korek ini tidak menciptakan api, melainkan dioperasikan secara elektrik dan ramah lingkungan nyaman dan praktis. 
Berikut video korek elektrik saat ini :

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sejarah Korek Api! Perkembangan Korek Api Menjadi Korek Elektrik"

Post a Comment